Selasa, 15 Oktober 2013

MAKALAH WAWASAN GLOBALISASI DALAM PENDIDIKAN


WAWASAN GLOBALISASI DALAM PENDIDIKAN
    
MAKALAH
Disusun sebagai Salah Satu Syarat untuk Nilai Tugas Mata Kuliah Perspektif Global


Oleh :
Lily Yuni Setyawati
(1101045438)



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR HAMKA
2013

KATA PENGANTAR

 

Bismillahirrahmanirrahim
            Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Wawasan Globalisasi dalam Pendidikan“ ini dengan baik.
            Penulis merasa bahwa tersusunnya makalah ini karena bantuan beberapa pihak, maka penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu penulis:
1.      Kepada Pak Hari Naredi yang telah banyak memberikan masukan demi terselesaikannya makalah ini.
            Namun demikian, penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu,  penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan makalah ini di masa yang akan datang.
            Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
            Wassalamu’alikum Warahmatullahi wabarakatuh.
                 
          Jakarta,   Oktober 2013

                    Penulis


DAFTAR ISI 

                                                                                Halaman

KATA PENGANTAR .................................................................................  i
DAFTAR ISI ..............................................................................................  ii

BAB I  PENDAHULUAN ............................................................................1
A.    Latar Belakang .........................................................................1
B.     Rumusan Masalah ....................................................................1
C.     Tujuan Penulisan.......................................................................1

BAB II Wawasan Globalisasi dalam Pendidikan ........................................2
A.  Globalisasi dan Pengaruhnya dalam Pendidikan........................2        
B.   Pentingnya Wawasan Global dalam Pendidikan.......................3
C.   Pendidikan yang Memiliki Wawasan Globalisasi.....................4

BAB III PENUTUP ........................................................................................7
A.  Kesimpulan..................................................................................7
B.  Saran...........................................................................................7

DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... iii


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dunia internasional sekarang diwarnai oleh globalisasi. Begitu juga dengan pendidikan, semakin berkembangnya zaman yang diwarnai oleh globalisasi maka pendidikan juga harus mampu menyeimbanginya dan mengembangkan mutu serta kualitas dalam bidang pendidikan agar dapat bertahan dari terpaan globalisasi.
Dalam menuju era globalisasi, Indonesia harus melakukan reformasi dalam proses pendidikan, yaitu dengan tekanan menciptakan sistem pendidikan yang lebih komprehensif dan fleksibel, sehingga para lulusan dapat berfungsi secara efektif dalam kehidupan masyarakat global.

B.     Rumusan Masalah
           Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1.      Pengertian globalisasi dan pengaruhnya dalam pendidikan?
2.      Bagaimana pentingnya wawasan global dalam pendidikan?
3.      Pengertian pendidikan yang memiliki wawasan globalisasi?

C.    Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan dalam membuat makalah ini adalah :
1.   Untuk mengetahui pengertian globalisasi dan pengaruhnya dalam pendidikan
2.   Untuk mengetahui bagaimana pentingnya wawasan global dalam pendidikan
3.   Untuk mengetahui pengertian pendidikan yang memiliki wawasan globalisasi


BAB II
Wawasan Globalisasi dalam Pendidikan

  A.  Globalisasi dan Pengaruhnya dalam Pendidikan
Globalisasi sering diterjemahkan “mendunia”. Suatu entitas, betapapun, dimanapun, kapanpun, dengan cepat menyebar ke seluruh pelosok dunia, baik berupa ide, gagasan, data, informasi, produksi, pembangunan, pemberontakan, dan sebagainya, begitu disampaikan, saat itu pula diketahui oleh semua orang di dunia.
Dampak positif globalisasi pendidikan :
a.   Semakin mudahnya akses informasi
b. Globalisasi dalam pendidikan akan menciptakan manusia yang professional dan berstandar Internasional dalam bidang pendidikan
c.   Globalisasi akan membawa dunia pendidikan Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain
d.   Globalisasi akan menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan mampu bersaing
e.  Adanya perubahan struktur dan sistem pendidikan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan karena perkembangan ilmu pengetahuan dalam pendidikan akan sangat pesat

Dampak negatif globalisasi pendidikan:
a.   Dunia pendidikan Indonesia bisa dikuasai oleh para pemilik modal
b.  Dunia pendidikan akan sangat tergantung pada teknologi, yang berdampak munculnya “tradisi serba instant”
c.   Globalisasi akan melahirkan suatu golongan-golongan didalam dunia pendidikan.
d.   Semakin terkikisnya kebudayaan akibat masuknya budaya dari luar
e.   Globalisasi mengakibatkan melonggarnya kekuatan kontrol pendidikan oleh negara

  B.  Pentingnya Wawasan Global dalam Pendidikan
Cara untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi globalisasi ini adalah dengan cara meningkatkan kesadaran dan memperluas wawasan. Cara untuk meningkatkan dan memperluas wawasan dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan cara yang paling efektif adalah melalui pendidikan.
Peningkatan kualitas pendidikan bagi suatu bangsa, bagaimanapun mesti diprioritaskan. Sebab kualitas pendidikan sangat penting artinya, karena hanya manusia yang berkualitas saja yang bisa bertahan hidup di masa depan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk peningkatan kualitas pendidikan tersebut adalah dengan pengelolaan pendidikan dengan wawasan global. Meningkatkan dan memperluas wawasan global merupakan unsur penting untuk memahami masalah global. 
Melalui pendidikan maka seseorang harus mampu mengembangkan 4 hal berikut:
a.  Kemampuan mengantisipasi (anticipate), artinya pendidikan berusaha menyiapkan anak didik untuk dapat mengantisipasi perkembangan IPTEK yang begitu cepat.
b.  Mengerti dan mengatasi situasi (cope), artinya dapat mengembangkan kemampuan dan sikap peserta didik untuk menangani dan berhadapan dengan situasi baru.
c.   Mengakomodasi (acomodate), artinya dapat mengakomodasi perkembanagn IPTEK yang pesat dan segala perubahan yang ditimbulkannya.
d.  Mereoriantasi (reorient), artinya persepsi dan wawasan tentang dunia perlu diorientasikan kembali karena perkembangan IPTEK dan perubahan sosial yang cepat sehingga memperoleh wawasan yang semakin luas. 
       Dengan demikian pentingnya (urgensi) wawasan perspektif global dalam pengelolaan pendidikan
ialah sebagai langkah upaya dalam peningkatan mutu pendidikan nasional. Hal ini dikarenakan seperti
yang telah dituliskan sebelumnya, dengan wawasan perspektif global kita dapat menghindarkan diri
dari cara berpikir sempit dan terkotak-kotak oleh batas subyektif sehingga pemikiran kita lebih
berkembang. Kita dapat melihat sistem pendidikan di negara lain yang telah maju dan berkembang.
Dapat membandingkannya dengan pendidikan di negara kita, mana yang dapat diterapkan dan mana
yang sekerdar untuk diketahui saja. Kita bisa mencontoh sistem pendidikan yang baik di negara lain
selama hal itu tidak bertentangan dengan jati diri bangsa Indonesia.

  C.  Pendidikan yang Memiliki Wawasan Globalisasi
Pendidikan yang berwawasan global dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:
a.         Perspektif Kurikuler
          Berdasarkan persperktif kurikuler, pendidikan berwawasan global merupakan suatu proses pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga terdidik kelas menengah dan professional dengan meningkatkan kemampuan individu dalam memahami masyarakatnya dalam kaitannya dengan kehidupan masyarakat dunia, dengan ciri-ciri sebagai berikut:
1)  Mempelajari budaya, sosial, politik dan ekonomi bangsa lain dengan titik berat memahami adanya saling   ketergantungan
2)   Mempelajari berbagai cabang ilmu pengetahuan untuk dipergunakan sesuai dengan kebutuhan lingkungan setempat
3)  Mengembangkan berbagai kemungkinan berbagai kemampuan dan keterampilan untuk bekerjasama guna mewujudkan kehidupan masyarakat dunia yang lebih baik.
Oleh karena itu, pendidikan berwawasan global akan menekankan pada pembahasan materi yang meliputi:
1.      Adanya saling ketergantungan di antara masyarakat dunia
2.      Adanya perubahan yang akan terus berlangsung dari waktu ke waktu
3.      Adanya perbedaan kultur di antara masyarakat atau kelompok-kelompok dalam masyarakat
4.     Adanya kenyataan bahwa kehidupan dunia itu memiliki berbagai keterbatasan antara lain dalam wujud ketersediaan barang-barang kebutuhan yang jarang. Untuk dapat memenuhi kebutuhan yang jarang tersebut tidak mustahil dapat menimbulkan konflik-konflik.

Berdasarkan perspektif kurikuler, pengembangan pendidikan berwawasan global memiliki implikasi ke arah perombakan kurikulum pendidikan. Mata pelajaran dan mata kuliah yang dikembangkan tidak lagi bersifat monopolitik melainkan lebih banyak yang bersifat integrative. Dalam arti, mata kuliah lebih ditekankan pada kajian yang bersifat multidisipliner, interdisipliner, dan transdisipliner.

b.      Perspektif Reformasi
        Berdasarkan perspektif reformasi pendidikan berwawasan global merupakan suatu proses pendidikan yang dirancang untuk mempersediakan anak didik dengan kemampuan dasar intelektual dan tanggung jawab guna memasuki kehidupan yang bersifat kompetitif dan dengan derajat saling menggantungkan antar bangsa yang sangat tinggi. Pendidikan harus mengkaitkan proses pendidikan yang berlangsung di sekolah dengan nilai-nilai yang selalu berubah di masyarakat global. Dengan demikian, sekolah harus memiliki orientasi nilai, di mana masyarakat tersebut harus selalu dikaji dalam kaitannya dengan masyarakat dunia.
    Implikasi dari pendidikan berwawasan global menurut perfektif reformasi tidak hanya bersifat perombakan kurikulum, tetapi juga merombak sistem, struktur dan proses pendidikan. Pendidikan dengan kebijakan dasar sebagai kebijakan sosial tidak lagi cocok bagi pendidikan berwawasan global. Pendidikan berwawasan global harus merupakan kombinasi antara kebijakan yang mendasarkan pada mekanisme pasar. Maka dari itu, sistem dan struktur pendidikan harus bersifat terbuka, sebagaimana layaknya kegiatan yang memiliki fungsi ekonomis.
            Selain itu, pendidikan berwawasan global bersifat sistematik organik, dengan ciri-ciri fleksibel-adaptif dan kreatif demokratis. Bersifat sistemik-organik artinya bahwa sekolah merupakan sekumpulan proses yang bersifat interaktif yang tidak bisa dilihat sebagai-hitam putih, tetapi setiap interaksi harus dilihat sebagai satu bagian dari keseluruhan interaksi yang ada.
             Fleksibel-adaptif, artinya bahwa pendidikan lebih ditekankan sebagai suatu proses learning daripada teaching. Anak didik dirangsang untuk memiliki motivasi untuk mempelajari sesuatu yang harus dipelajari dan continues learning. Tetapi, anak didik tidak akan dipaksa untuk dipelajari. Sedangkan materi yang dipelajari bersifat integrated, materi satu dengan yang lain dikaitkan secara padu dan dalam open-sistem environment. Pada pendidikan tersebut karakteristik individu mendapat tempat yang layak.
        Kreatif demokratis, berarti pendidikan senantiasa menekankan pada suatu sikap mental untuk senantiasa menghadirkan suatu yang baru dan orisinil. Secara paedagogis, kreativitas dan demokrasi merupakan dua sisi dari mata uang. Tanpa demokrasi tidak akan ada proses kreatif, sebaliknya tanpa proses kreatif demokrasi tidak akan memiliki makna.


BAB III
PENUTUP

  A.    Kesimpulan 
          Kesimpulan yang dapat ditarik setelah membuat makalah ini adalah bahwa Globalisasi mempunyai pengaruh yang positif dan negative terhadap pendidikan di Indonesia. Untuk mengatasi kenegatifan dampak globalisasi bagi dunia pendidikan, maka kualitas pendidikan harus ditingkatkan. Cara meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan pengelolaan pendidikan dengan wawasan global. Pendidikan berwawasan global itu sendiri dibedakan menjadi 2, yaitu Perspektif Kurikuler dan Perspektif Reformasi.

  B.  Saran
Untuk memasuki era globalisasi pendidikan harus bergeser ke arah pendidikan yang berwawasan global. Pendidikan harus memiliki kebebasan dan bersifat demokratis, fleksibel, dan adaptif. Kita sebagai mahasiswa, alangkah baiknya tidak hanya mementingkan nilai. Tetapi mengutamakan pemahaman, penalaran, dan penerapan ilmu yang didapat.
Kita akan dapat memahami lebih baik keadaan diri kita sendiri apabila kita dapat memahami hubungan terhadap masyarakat lain. Serta perlu pemahaman isu-isu global lainnya. Maka dari itu, sebagai mahasiswa harus mampu memahami isu-isu global yang ada dan mampu berfikir kritis untuk menanggapinya.



DAFTAR PUSTAKA








0 komentar:

Posting Komentar